Sadarkah Anda bahwa membuat laporan keuangan perusahaan akurat bukanlah sekedar hanya membuat laporan keuangan saja. Tetapi bagaimana agar laporan keuangan yang di buat menyajikan informasi yang relevan dan akurat. Di dalam dunia bisnis laporan keuangan sudah menjadi rutinitas yang harus di lakukan atau di buat dalam suatu periode tertentu.
Terkadang masih di temukan dalam kasus bisnis skala kecil, yang mana tidak melakukan atau tidak membuat laporan keuangan yang akurat. Hanya membuat sekedarnya bahkan bisa di katakan bukan untuk alat pengambilan keputusan manajemen perusahaan.
Laporan keuangan yang akurat merupakan syarat yang mutlak. Karena dengan laporan keuangan yang relevan dan akurat ini, manajemen perusahaan dapat mengetahui kinerja perusahaan selama periode tertentu. Arus keuangan yang terjadi dalam periode tertentu, gambaran keadaan perusahaan pada periode tertentu. Serta dapat di jadikan evaluasi dan bahan pengambilan keputusan. Kebayang kan, bagaimana jika laporan keuangan Anda tidak memberikan informasi yang baik?
Lalu, seperti apa dan bagaimana tips membuat laporan keuangan perusahaan yang 100% akurat?
Sebelum kita mengetahui apa dan bagaimana tips membuat laporan keuangan perusahaan yang 100% akurat Maka kita harus mengetahui terlebih dahulu karakterisktik kualitatif laporan keuangan, di antaranya yaitu :
1. Laporan keuangan memiliki uraian yang mudah di pahami
Informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan harus dapat di mengerti secara jelas oleh perusahaan dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi laporan keuangan. Jadi di harapkan pengguna laporan keuangan memiliki pengetahuan yang memadai mengenai aktivitas ekonomi dan bisnis. Apabila pengguna laporan keuangan dapat mengerti semua informasi yang di sajikan. Maka informasi tersebut bisa di katakan dapat di pahami dan di mengerti.
2. Laporan keuangan yang relevan
Laporan keuangan yang relevan apabila informasi yang di sajikan dalam laporan keuangan tersebut memiliki manfaat,. Sesuai dengan tindakan yang akan di lakukan oleh pemakai laporan keuangan. Atau bisa di katakan, relevan merupakan kemampuan dari suatu informasi untuk mempengaruhi keputusan manajemen atau pemakaian laporan keuangan. Sehingga keberadaan informasi tersebut dapat membantu dalam mengevaluasi kejadian masa lalu dan masa kini. Selain itu, dapat mengoreksi atas hasil evaluasi di masa lalu.
3. Laporan keuangan memiliki keandalan
Kualitas informasi yang di sampaikan dalam laporan keuangan menyebabkan pemakai informasi akuntansi sangat tergantung pada kebenaran informasi laporan keuangan yang di sajikan. Keandalan suatu informasi sangat tergantung pada kemampuan suatu informasi menggambarkan secara wajar keadaan atau kondisi yang sebenarnya yang tersaji dalam laporan keuangan oleh manajemen.
4. Laporan keuangan bersifat dapat di bandingkan
Suatu laporan keuangan dapat di bandingkan bila informasi yang di sajikan dapat saling di perbandingkan seperti periode maupun antar perusahaan. Laporan keuangan mempunyai peranan penting bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Sehingga ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan sangat di butuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.
sumber: https://www.dconsulting.id/blog/laporan-keuangan-perusahaan-akurat-berikut-5-tipsnya/